Goa Batu Kapal; Keindahan Tersembunyi Yang Tercipta Dari Sebuah Kutukan

“Halo rekan-rekan seperjuangan yang mencoba santai tapi masih kurang piknik”

Jadi kan gini, beberapa waktu lalu, saya bersama teman-teman Blogger Palanta diajak berkelana ke Solok Selatan, sebuah kabupaten yang saya sendiri belum pernah datangi. Kabupaten yang berjarak 161 km dari pusat kota Padang, ibukota Provinsi Sumatera Barat.

Pertama kali mendengar nama Goa Batu Kapal, saya udah mikir, “ini Goa nya terbentuk dari kapal yang jadi batu atau Goa batu yang bentuknya kayak kapal?”. Nah, pertanyaan ini muncul sesaat saya sampai di kabupaten paling timur di Sumatera Barat ini. Kabupaten Solok Selatan; kabupaten yang baru dimekarkan dari kabupaten Solok pada tahun 2004 dan berbatasan langsung dengan Provinsi Jambi.

Udah boleh kita bahas Goa Batu Kapal nya ya. Asal muasal “ditemukannya” Goa ini adalah pada tahun 1984 oleh PTPN VIII. PTPN VIII yang membuka lahan di kabupaten ini langsung menjadikan Goa ini sebagai wisata lokal dua tahun setelahnya, namun masih terkendala karena pembukaan lahan nya masih belum selesai. Pada tahun 1993, pembukaan lahan di lokasi ini terhenti dan meninggalkan lokasi ini dengan keadaan seadanya.

Per tanggal 8 April 2017,  setelah Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) aparatur pemerintahan setempat, lokasi tersebut mulai dibuka sebagai lokasi wisata dan pengunjung pun mulai berdatangan. Setelah ramainya pengunjung mendatangi Goa Batu Kapal, dibentuklah kelompok sadar wisata yang membenahi lokasi wisata tersebut, diberi nama Insan Peduli Goa Batu kapal.

Lokasi wisata ini telah menarik pengunjung dari provinsi tetangga seperti Jambi, Sumatera Utara, Riau, dan Bengkulu. Dari besarnya animo masyarakat yang datang, kebayang kan kerennya kawasan ini? Goa ini dapat didatangi dengan menempuh 30 menit perjalanan darat dari kota Padang Aro, ibukota kabupaten Solok Selatan dan diselingi dengan tracking 5 menit dari lokasi parkir. Percaya saja, kamu bakal diperlihatkan keindahan alam yang luar biasa.

Lokasi wisata ini terdiri atas 4 batuan besar yang mana tiga diantaranya berada pada satu kawasan yang sama. Sedangkan satu lagi, Goa Lipek Kain, berada di tempat yang berbeda dan berjarak cukup jauh dari kawasan Goa Batu Kapal.

Menurut cerita, Goa Batu Kapal ini adalah sebuah kapal yang pada jaman dahulu dikutuk menjadi batu. Goa yang memiliki sekitar 150 ruangan ini (yang baru ditemukan ya, belum semua loh) dan menyerupai sebuah kapal, memperkuat cerita tersebut. Namun, ya, namanya juga cerita atau legenda rakyat, tidak ada yang bisa menunjukkan bukti nyata dari transformasi dari sebuah kapal menjadi goa batu tersebut. Kita biarkan saja cerita itu dengan segala unsur dibelakangnya. Seperti merelakan diputus pacar dengan segala alasannya.

Salah batuan di dalam Goa Batu Kapal, Kabupaten Solok Selatan

Batuan Hijau di Goa Batu Kapal

Goa Batu Kapal ini berada di ketinggian 68 m dari permukaan tanah yang menghembuskan udara sejuk berpadu dengan hijau nya pepohonan. Masuklah lebih jauh kedalam, maka akan kamu temukan salah satu keajaiban di dalamnya. Ada Batu Canang, yang jika kumpulan batu tersebut dipukul akan mengeluarkan suara & irama canang/talempong. Coba aja sendiri kalau gak percaya.

Lokasi tepat dari kawasan Goa Batu Kapal ini berada di Jorong Ngalau Indah, Nagari Sungai Kunyit Barat, Kec. Sangir Balai Janggo, Kab. Solok Selatan. Kamu harus ke Solok Selatan, kamu harus datengin Goa ini, karena banyak spot foto yang keren banget, kayak gini..

P_20170722_133959_HDR

Batuan di Goa Batu Kapal, Solok Selatan

Batuan di Goa Batu Kapal

Cerita saya di Solok Selatan ‘gak habis disini, ya. Masih banyak cerita menarik yang bakal saya share. So, tungguin terus yak! 😉

 

Other Story About Solok Selatan From Blogger Palanta Squad:

Megahnya Rumah Gadang Gajah Maaram dan Indahnya Surau Menara Di Kawasan Saribu Rumah Gadang, Solok Selatan

Pesona Solok Selatan (Prolog)

“Terbenam” Dalam Keelokan Goa Batu Kapal, Solok Selatan

Air Terjun Kembar Solok Selatan

5 Tempat Yang Wajib Dikunjungi Saat Ke Perjalanan Ke Solok Selatan

Advertisements

9 thoughts on “Goa Batu Kapal; Keindahan Tersembunyi Yang Tercipta Dari Sebuah Kutukan

  1. Nggg… nganu… miris rasanya mbaca “Kita biarkan saja cerita itu dengan segala unsur dibelakangnya.” Ironis rasanya kita ‘perang’ terhadap hoax di internet tapi demi menjual ketenaran objek wisata, kita membiarkan… atau malah mempromosikan sesuatu berdasarkan katanya atau konon. Sudah nggak jaman lagi buat2 ‘legenda rakyat’

    Like

    • Makasih atas masukan nya, bang. Cerita itu saya dapet dari warga setempat, orang tua di daerah tersebut. Saya juga ogah bikin-bikin cerita aja. Maksud dari dibiarkan itu ya, biar lah cerita kapal yang jadi batu itu tinggal cerita. Terima kasih 🙏

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s