Megahnya Rumah Gadang Gajah Maaram dan Indahnya Surau Menara di Kawasan Saribu Rumah Gadang, Solok Selatan

“Halo rekan-rekan seperjuangan yang mencoba santai tapi masih kurang piknik”

Setelah sebelumnya bercerita tentang salah satu lokasi wisata alam yang luar biasa, Goa Batu Kapal, pasti kamu semua pada mikir kan, “masa’ ini orang baru nyampe ke Solok Selatan, langsung jalan-jalan? ‘Gak capek apa?”. Untuk menjawab pertanyaan ini, saya bakal kasih tahu kalau sebenernya saya juga manusia yang kecapekan setelah melalui perjalanan darat sekitar empat setengah jam lamanya.

Untuk itu, kali ini saya bakal bahas lokasi tempat saya beristirahat. Lokasi tempat saya merebahkan badan, menyandarkan harap, melabuhkan mimpi. Mimpi indah yang telah ku rangkai bersama “dia” namun dibingkai oleh orang lain.

Tau Rumah Gadang kan? Tau lah yaa. Tapi, pada tau gak kalo ada kawasan yang ada ratusan Rumah Gadang nya? Saya tidur di salah satunya.

Kawasan Saribu Rumah Gadang; Kawasan yang berada di Nagari Koto Baru, Kab. Solok Selatan, ini memiliki lebih dari 130 rumah gadang tradisional Minangkabau dan sebagian besar diantaranya masih dihuni oleh keluarga pemiliknya.

Dari seratusan lebih rumah gadang tersebut, ada 10 rumah gadang yang dijadikan homestay oleh pemiliknya. 10 Rumah Gadang ini sudah ditata sedemikian rupa hingga sangat nyaman untuk dijadikan basecamp selama kamu ingin berkelana di kawasan ini. Saya menginap di Rumah Gadang dengan nomor punggung 002.

Mata kamu, iya, kamu, bakal disuguhi dengan indahnya arsitektur dari banyak Rumah Gadang disana sesaat memasuki kawasan ini. Kamu harus coba menginap disini.

Di Kawasan Saribu Rumah Gadang tersebut, ada beberapa spot menarik yang patut kamu datangi yaitu Rumah Gadang Gajah Maaram dan Surau Menara. Kita bahas Rumah Gadang Gajah Maaram duluan ya.

Rumah Gadang Gajah Maaram

Berlokasi di lokasi Kawasan Saribu Rumah Gadang, Rumah Gadang Gajah Maaram ini dikenal luas oleh masyarakat Indonesia karena menjadi salah satu spot syuting film Di Bawah Lindungan Ka’bah yang rilis pada 16 Agustus 2011.

Rumah Gadang Gajah Maaram ini memiliki kumpulan foto sejarah yang menjelaskan perkembangannya mulai dari pertama dihuni hingga saat ini. Banyak kisah menarik yang bisa kamu dapatkan jika berkunjung kesini. Tidak hanya itu, lokasi ini sangat foto-able buat kamu-kamu yang hobi sharing foto di Instagram. Kayak gini..

 

Rumah Gadang Gajah Maaram, Solok Selatan

Jangan diliatin lama-lama. Yang di foto udah punya orang

Surau Menara

Pindah ke tempat selanjutnya, Surau Menara. Surau yang berada sekitar 150 meter dari jalan raya Muara Labuh – Padang Aro ini, telah berumur 117 tahun, karena dari relief di bagian luar tertulis tahun pembangunannya pada 1900.

Surau yg memiliki menara ini dulunya merupakan tempat menyampaikan informasi terkait kegiatan-kegiatan yg akan diadakan, rapat yg ingin dilakukan, atau mengumandangkan adzan untuk memberitahu masuknya waktu sholat kepada masyarakat di sekeliling Kawasan Saribu Rumah Gadang. Hal ini terjadi karena belum tersedianya kelistrikan seperti saat ini. Niscaya, hanya orang-orang yg memiliki suara yg keras saja yg dipercaya melakukan hal ini dan berhak menaiki menara tersebut.

Surau yang memiliki puncak berbentuk limas atau menyerupai pagoda ini memiliki hubungan erat dengan angka 13. Kenapa? Begini penjelasannya. Tinggi menara dari atap mesjid adalah 13 meter, tiang yang pada bagian dalam Surau Menara juga berjumlah 13 yang mana melambangkan jumlah dari rukun sholat.

Tiang-tiang tersebut juga masih asli, masih tiang yang sama seperti pertama kali Surau ini dibangun kendati sudah banyak yang rusak. Nah, untuk menyiasati hal tersebut, agar tiang tersebut tetap kokoh, masyarakat sekitar melapisi tiang tersebut dengan kayu.

Untuk mencapai puncak menara dari Surau tersebut, kamu hanya perlu menaiki sekitar 15 anak tangga yang langsung bisa kamu lihat saat memasuki Surau tersebut.

Surau Menara, Kawasan Saribu Rumah Gadang, Solok Selatan

Surau Menara

Surau Menara, Kawasan Saribu Rumah Gadang, Solok Selatan, Sumatera Barat

Gini nih view dari puncak menara kepunyaan Surau Menara. Empunya foto @dedetsaugia ya

Waktu lah yang memisahkan saya dengan kawasan yang luar biasa ini. Salahin waktunya, jangan saya. Masih banyak yang bisa dibahas disini, cuma, ya gitu.

Cerita saya di Solok Selatan ‘gak habis disini, ya. Masih banyak cerita menarik yang bakal saya share. So, tungguin terus yak! 😉

 

Other Story About Solok Selatan From Blogger Palanta Squad:

Goa Batu Kapal; Keindahan Tersembunyi Yang Tercipta Dari Sebuah Kutukan

Pesona Solok Selatan (Prolog)

“Terbenam” Dalam Keelokan Goa Batu Kapal, Solok Selatan

Air Terjun Kembar Solok Selatan

5 Tempat Yang Wajib Dikunjungi Saat Ke Perjalanan Ke Solok Selatan

Advertisements

2 thoughts on “Megahnya Rumah Gadang Gajah Maaram dan Indahnya Surau Menara di Kawasan Saribu Rumah Gadang, Solok Selatan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s