Pesona Air Terjun Kembar Bangunrejo di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat

“Halo rekan-rekan seperjuangan yang mencoba santai tapi masih kurang piknik”

Eh, ketemu lagi kita. Gimana? Udah move on nih kamu? Eh, udah penasaran belum nyobain nginep di Kawasan Saribu Rumah Gadang dan segala keindahannya? Setelah kemaren kita bahas soal tempat tidur, kita berpindah aktifitas. Seperti potongan lagu legendaris pada masa kanak-kanak dulu “Bangun tidur ku terus mandi“, biar apa dong? Biar seger lagi karena abis mandi. Maka daripada itu, kali ini saya bakal bahas yang seger-seger. Seperti janji manismu dulu, Mantan.

Kamu tahu kalau ada air terjun kembar? Saya harap anda belum pernah tau, denger, atau kesana biar tulisan saya tetep dibaca sampe abis. Terima kasih.

Air Terjun Kembar ini sebenarnya sama dengan air terjun lainnya. Hanya saja, diujung aliran air terjun tersebut, terdapat batuan yang membelah aliran air tersebut menjadi dua bagian. Nah, pas saya nya kesana, ternyata aliran air nya udah jadi tiga bagian. Kembar tiga lah doi sekarang. Nambah lagi saudara nya.

Untuk mencapai Air Terjun Kembar ini tidaklah sulit. Dari Kantor Bupati Solok Selatan berjarak sekitar 5 kilometer sampai ke tempat parkir mobil. Dari tempat parkir dilanjutkan dengan jalan kaki dengan rute yang tidak sulit, hanya perlu 5 menit untuk sampai ke lokasi Air Terjun.

Air Terjun Kembar ini memiliki ketinggian 20-25 meter. Lingkungan sekitar Air Terjun Kembar pun masih sangat alami. Air yang mengalir segar bener dan bisa diminum langsung. Ada dua tempat untuk mandi di Air Terjun Kembar ini. Pertama, ada sungai kecil yang ada di sebelah kiri dari air terjun dan yang kedua tepat di kolam tempat jatuhnya air terjun.

Air Terjun Kembar, Bangunrejo, Solok Selatan

Gini nih air terjun nya. Gimana? Udah pengen nyebur? Eits, foto nya kepunyaan @dedetsaugia ya

P_20170722_173040_HDR

Gak pengen kesini? Come on..

Sebenarnya, butuh pembenahan utk akses ke lokasi ini. Ada beberapa kerusakan jalan yang membentang yang harus kamu lewati. Kurang lebih 700 meter jalan kerikil dan jalan perbukitan, tapi percayalah, pengorbanan kamu akan terbayarkan dengan keindahan dari air terjun yang beberapa bulan lalu resmi dikelola oleh Pokdarwis ini.

Sekedar informasi nih, Pokdarwis merupakan singkatan dari Kelompok Sadar Wisata. Kelompok yang terbentuk berkat kepedulian masyarakat terhadap tempat wisata lokal di daerah tersebut dan diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten Solok Selatan dengan mengeluarkan SK untuk kelompok ini.

Tiket masuk untuk lokasi wisata ini hanya 2 ribu Rupiah. Bayangkan apa yang bisa diberikan oleh 2 ribu Rupiah kepada kamu; sebuah keindahan yang hqq (baca: hakiki) kalau kata ABG milenial jaman sekarang. Sedangkan untuk biaya parkir, standar lah, 2 ribu rupiah untuk motor dan 5 ribu rupiah untuk mobil. Kalo pake helikopter, ya beda lagi harga nya.

Tidak hanya itu saudara-saudara ku berbeda bangsa dan negara. Tidak jauh dari air terjun ini, ada bunga Bangkai (Amorphophallus titanum) yang jarang-jarang bisa kamu lihat. Bunga yang identik dengan bau bangkai ini bisa menjadi pengalihan buat kamu biar ‘gak keseringan nyelam di kolam Air Terjun Kembar.

Bunga Bangkai, Air Terjun Kembar, Bangunrejo, Solok Selatan

Bunga Bangkai Yang Terdapat di Air Terjun Kembar, Solok Selatan

Lokasi tepat dari Air Terjun Kembar ini adalah di Jorong Pincuran 7, Nagari Lubuak Gadang Selatan, Kec. Sangir, Kab. Solok Selatan. Jangan ngaku udah ke Solok Selatan kalau kamu belum kesini.

Cerita saya di Solok Selatan ‘gak habis disini, ya. Masih banyak cerita menarik yang bakal saya share. So, tungguin terus yak! 😉

 

Other Story About Solok Selatan From Me:

Goa Batu Kapal; Keindahan Tersembunyi Yang Tercipta Dari Sebuah Kutukan

Megahnya Rumah Gadang Gajah Maaram dan Indahnya Surau Menara di Kawasan Saribu Rumah Gadang

Other Story About Solok Selatan From Blogger Palanta Squad:

Air Terjun Kembar Solok Selatan, Segarnya Dobel

Menginap di Kawasan Saribu Rumah Gadang, Lebih Seru dari Hotel

“Terbenam” Dalam Keelokan Goa Batu Kapal, Solok Selatan

Wisata Unggulan Solok Selatan, Merasakan Sensasi di Kawasan Saribu Rumah Gadang

Solok Selatan Kilauan Emas dari Nagari Saribu Rumah Gadang

Advertisements

2 thoughts on “Pesona Air Terjun Kembar Bangunrejo di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s